Dunia videografi semakin diminati oleh pelajar sekolah. Meski karya mereka hanya berupa video pendek seperti, vine, stories, maupun unggahan instagram. Beberapa dari mereka pun banyak yang terjun kedalam bidang yang lebih dalam lagi seperti pembuatan film, video dokumenter, maupun siaran produksi.

Salah satu hal yang erat dengan videografi adalah proses penyelarasan atau editing. Saat proses penyelarasan, kreator akan menyelaraskan rekaman videonya sehingga dapat dinikmati. Hal yang sering dilakukan dalam penyelarasan video biasanya berupa memotong sebagian dari video(trim), memasukkan potongan video ke dalam video lain (insert), Menumpuk dua video dalam satu scene (overlay) dan teknik lainnya. Untuk melakukan penyelarasan, maka diperlukan sebuah alat bantu berupa penyelaras video atau biasa disebut dengan video editor

Penyelaras video sangat mudah untuk ditemukan. Di internet, banyak penyelaras video yang menawarkan fitur - fitur unik dan tentunya dipatok pada rentang harga tertuntu. Hal ini sering membuat bingung karena tidak dapat menemukan penyelaras video yang gratis namun memilki fitur yang cukup untuk melakukan penyelarasan video.

Di bawah ini kami akan melakukan reviu singkat terhadap beberapa aplikasi penyelaras video gratisan yang ada di internet:

Video Editor Android

Disini, kalian dapat menemukan aplikasi editor video gratisan untuk platform Android, mulai dari yang tersimple hingga top notch application. Cek saja, saya males ketik

1. Viva Video

Aplikasi ini pernah jaya pada masanya. Sering digunakan untuk mengedit video pendek seperti vine dan clip video. Viva video memiliki fitur yang cukup baik dan fitur yang dapat menempelkan stiker maupun memberi efek pada video. Dengan tampilan yang sedikit childish, aplikasi ini tetap mudah digunakan.

Kelebihan

  1. Fitur ga ribet dan to the point
  2. Memilki banyak stiker dan adanya social sharing
  3. Efek yang tersedia lumayan menarik

Kekurangan

  1. Dipenuhi Iklan
  2. Adanya watermark jika menggunakan versi gratis


2. TitTok

Sempat gonjang ganjing karena banyak konten yang tidak pantas dilihat, tetapi tetap saja TikTok menjadi salah satu editor video yang menarik karena adanya efek efek nyeleneh yang dihadirkan. Dilengkapi dengan musik colongan wkwkkww jadi lebih baik jika digunakan untuk membuat video cover suatu lagu maupun vine pendek.

Kelebihan

  1. Efek menarik nan nyeleneh
  2. Adanay Social sharing dalam aplikasi
  3. Hanya fokus pada video dan konten sharing

Kekurangan

  1. Terlalu banyak iklan


3. Kine Master

Salah satu aplikasi yang memiliki banyak fitur professional. Dilengkapi dengan fitur timeline yang mirip dengan editor video dekstop. Kaya akan efek dan memiliki kualitas output yang memuaskan.

Kelebihan

  1. Tool dan fitur professional lumayan lengkap
  2. Banyak efek dan filter yang ciamik
  3. Hasil output video memuaskan

Kekurangan

  1. Free version terbatas pada efek


4. Wondershare Filmora Go

Editor ga ribet!. Hampir sama dengan Kine Master tetapi Filmora Go memilki tampilan yang lebih sederhana dan modis. Hasil output video yang dihasilkan lebih bagus. Efek yang dihadirkan modern begitu pula dengan efek. Tidak menghabisakan banyak memakan RAM dan kapasitas memori.

Kelebihan

  1. Mudah Digunakan
  2. Tampilan Antarmuka yang modern
  3. Efek yang dihadirkan modern

Kekurangan

  1. Watermark guede


5. Adobe Premiere Clip

Besutan sesepuh dalam dunia seni digital. Fitur yang dihadirkan cukup minim. Tidak dapat memberikan efek pada video. Akan tetapi, aplikasi ini sangat ringan dan tidak menyusahkan. Saynagnya, banyak kekurangan yang dimiliki oleh Premiere Clip ini. Pada dasarnya, aplikasi ini dapat bekerja secara maksimal jika disandingkan dengan Adobe Premiere CC, yaitu versi dekstop dari Premier. Ya memang Premiere clip hanya digunakan untuk prototype mungkin….

Kelebihan

  1. Enteng, Simple No Ribet Blas
  2. Interface Simple
  3. Dapat disanding dengan Adobe Premiere Pro

Kekurangan

  1. Tidak ada efek
  2. Fitur Minim


6. VSCO X (BERBAYAR)

Sebernya, aplikasi VSCO X adalah aplikasi VSCO itu sendiri. Tetapi, dengan membayar biaya langganan VSCO X, kalian dapat menggunakan fitur dari VSCO X. Fitur dari VSCO X tidak jauh dari pemberian filter atau efek pada video kalian. Kalo bahasa editingnya itu Color Grading. Fitur Trim, Insert dan sejenisnya masih belum tersedia. Pada dasarnya VSCO merupakan aplikasi edit foto, bukan video. Kebetulan ada plus :)

Kelebihan

  1. Efek e JOS

Kekurangan

  1. Gak GRATIS
  2. Hanya Color Grading


7. Adobe Premiere Rush

TOP NOTCH APP. Aplikasi editor video yang mempunyai fitur paling lengkap (menurut saya). Karena Premiere Rush mengambil konsep dari Premiere Pro yang ada di desktop. Pada intinya, Premiere Pro yang ada di smartphone. SAYANGNYA!! Tidak semua ponsel android dapat menikmati aplikasi ini, dikarenakan Adobe hanya merilis aplkasi ini pada ponsel tertentu (paling baru, paling TOP NOTCH). Kalo di iOS udah rilis sih wkwkkw.

Kelebihan

  1. Fitur yang dimiliki lengkap
  2. Serasa menggunakan editor video yang ada di desktop

Kekurangan

  1. Hanya beberapa ponsel yg dapat menggunakan
  2. TOP NOTCH PONSEL SISAN!!

Kesimpulan

Pada dasarnya, aplikasi editor video/penyelaras video memiliki fitur yang hampir sama dan tidak ada bedanya. Yang membedakan dari semua aplikasi tersebut adalah kebiasaan dari para pengguna aplikasi. Semoga dengan artikel ini, kalian ga pusing lagi milih editor video gratis.

JANGAN BIASAKAN PAKE APLIKASI BAJAKAN!! DOSA!
Bolehlah watermark nempel disana, as thankyou note kepada para developernya